PLETUK…Perawan yang perlu DIJAMAH

Ponorogo selain sebagai wilayah yang kaya akan budaya tetapi juga punya sejumlah tempat wisata yang mulai dilirik oleh banyak wisatawan. kini Pemkab Ponorogo mulai mengembangkan sejumlah tempat wisata tersebut . selain Telaga Ngebel yang sudah jadi andalan Wisata bahari Kota Reyog, ada Air terjun Pletuk yang mulai digarap untuk dijadikan Tempat Wisata andalan.

Pengen tahu dimana air terjun pletuk ?

sebenarnya air terjun ini tidak jauh dari rumah saya. sooko…Air Terjun Pletuk berada di dusun Kranggan, Jurug kec.Sooko – Ponorogo. memang sangat menarik sekali tempat itu. apalagi ketika musim penghujan. terlihat begitu asri dan alami. dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi, titumbuhi sejumlah tanaman yang menambah indahnya tempat tersebut. tetapi tempat yang potensial tersebut kurang diperhatikan oleh pihak pemerintah. kususnya dinas Pariwisata. tapi mulai tahun ini sudah terlihat tanda – tanda pengembangan. dengan dibangunnya jalan menuju area wisata ( walaupun blm total ), mulai adanya loket masuk wisata, dll.

Tapi ironis, ketika maraknya pembangunan tidak didukung dengan sikap masyarakat yang tidak menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan. terlihat banyak disekeliling tempat wisata banyak pohon – pohon ( pinus, dll ) yang titebang dan disalahgunakan sehingga tempat ini juga rawan akan tanah longsor. apalagi kalau musim penghujan. maka dari itu Pemkab harus lebih memperhatikan akan nasib tempat wisata ini. sama saja kalau kita punya potensi kalo tidak diberdayakan.

Kita lihat saja ( jangan cuma dilihat didukung dan dibantu ) mungkin 1 ato 2 tahun kedepan Wisata ini akan banyak polesan yang menarik sehingga akan menarik banyak wisatawan untuk menjamah tempat yang masih perawan ini.

noersam

CategoriesUncategorized

25 Replies to “PLETUK…Perawan yang perlu DIJAMAH”

  1. Saya sempat merekam keindahan pletuk ini, tp sayangnya, kurangnya sosialisasi dan rendahnya kesadaran warga sekitar untuk menjaga kebersihan. Yang paling parah lagi, banyak muda mudi bercengkarama dalam asmara tanpa perhatikan sekitar, hingga membuat kami yang datang berkunjung jadi risih. Tolong pak pemkab di tata lagi kawasan pletuk dan sekitarnya, trims.

  2. Hmm,,..

    Bener kang, banyak potensi Ponorogo yang belum tegarap secara serius,..

    Dan seharusnya juga sbg pengun jung sikap seperti vandalisme harus dihidari… palagi “mojok”..

    😀

  3. Dr dlu, aq pengen bgt ke Pletuk..tp ktny jalanny masih sulit.. iy ta??

    Duch, bwt pemkab tolong donk segera diperbaiki..

  4. Alow bro….memang bener kalo pletuk menyimpan potensi besar bagi dunia pariwisata di kota kita… bulan lalu aku ke sana belum bisa sampai ke tempatnya, soale masih ada perbaikan dan pelebaran jalan … so mobil aku ga boleh ke sana…. jadi balik turun lagi…
    aku cah klepu…

  5. Pletuk grojogane iku manggon ing Desa Bareng Kec. Pudak. Dene pancen dalan tumuju pletuk kae ing Dusun Kranggan Jurug. Lha kabeh mau ing laladan Perhutani KPH Lawu Ds. BKPH Wilis Selatan

  6. seandainya udah ada pembanguna sarana dan prasarana yang baik kemungkinan besar wisata PLETUK akan banyak dikenal masyarakat luas seperti GOA MARIA FATIMA yang ada di Desa Klepu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *