Pesona Telaga Ngebel itu…

14-12-2008

ngebel1Sejuk dan teduh. Itulah kesan pertama yang akan dilontarkan oleh siapa saja tatkala pertama kali memasuki kawasan Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Berhamparkan air yang jernih nan tenang, telaga ini berhiaskan pohon-pohon tua di tepiannya. Dan ini bisa menjadi penawar lelah para wisatawan setelah mereka melewati jalan berliku, naik-turun, untuk menuju objek wisata ini.

Membicarkan Telaga Ngebel memang tidak akan pernah habis. Konon cerita yang berkembang di masyarakat, Telaga Ngebel mempunyai cerita unik yang didasarkan pada kisah seekor ular naga bernama “Baru Klinting“. Sang Ular ketika bermeditasi secara tak sengaja dipotong-potong oleh masyarakat sekitar untuk dimakan. Secara ajaib sang ular menjelma menjadi anak kecil yang mendatangi masyarakat dan membuat sayembara, untuk mencabut lidi yang ditancapkan di tanah.

Namun tak seorangpun berhasil mencabutnya. Lantas dia sendirilah yang berhasil mencabut lidi itu. Dari lubang bekas lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk Telaga Ngebel.

Legenda Telaga Ngebel, terkait erat dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon salah seorang pendiri Kabupaten ini yakni Batoro Kantong. Sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo, Batoro menyucikan diri terlebih dahulu di mata air, yang ada di dekat Telaga Ngebel yang kini dikenal sebagai Kucur Batoro.

Selain panorama yang indah dan masih perawan, Telaga Ngebel juga kaya akan sumber alam, utamanya air tawar bersih yang keluar dari sumber-sumber di dasar telaga sedalam kurang lebih 52 meter. Tanah subur di sekitar telaga ini juga menghasilkan aneka pohon buah berkualitas. Durian Ngebel, begitu kata orang, menjadi buah primadona kawasan ini. Selain buah berduri itu, tumbuh subur pula pohon manggis, nangka, dan tanaman perkebunan seperti cengkeh dan kopi. Menikmati keindahan panorama telaga sembari makan buah-buahan khas Ngebel adalah tujuan para wisatawan. Bagi pengunjung yang menginginkan ikan hasil budidaya Telaga Ngebel seperti ikan Nila, dapat langsung menyantapnya di warung atau rumah makan yang berjumlah cukup banyak. Hmmm…maknyus!!!

Sungguh menarik bukan, tawaran yang di berikan Telaga Ngebel. Sayang sekali jika Anda yang telah berada di Ponorogo tidak menyempatkan untuk mengunjungi objek wisata ini. (dari berbagai sumber)

Kategori : Wisata

45 komentar untuk “Pesona Telaga Ngebel itu…

  1. meylya

    ngebel memang pas sekali buat refresing udaranya yang sejuk bikin hati jadi tenang apalagi sambil menikmati nila bakar di pinggir telaga

    meylya postingan terakhir.. Ponorogo Kotaku

  2. suwung

    pengen kesana lagi

    nunggu waktu yang pas

    kangen durene

  3. unting

    Hem telaga ngebel emmm mengingatkanku pada masa yang lalu sekitar tahun 2004, tawa canda senda gurau.Kadang mengelilingi danau dengan mesra, bercerita tentang apa saja oh… indah..nya bersammu(*).(Ojo ngeres sek…)

    Sambutan masyarakat yang hangat sulit untuk melupakan masa-masa itu, masa-masa penuh kenangan dan kemesraan selama satu bulan mengabdi, besosialisasi, bekerja sama, bergotong-royong, bersama masyarakat Ngebel. —>>

    >

    hik hik…

    unting postingan terakhir.. Trouble Shooting Motorola E398 #1

  4. olip

    kalo hari libur rame banget…

    tapi..banyak pemandangan tidak mengenakkan mata di pinggir-pinggir jalan….

    hehehe….wong pacaran ,,,,,,

    ;))

    olip postingan terakhir.. Tips Membeli Sepatu

  5. azaxs

    Berjuta kenangan disana :)

    azaxs postingan terakhir.. Spirit Idul Adha

  6. det

    telaga ngebel sejuta pesona. untuk mencapai telaga ngebel juga cukup mudah. jalannya kurang lebar sih tapi cukup untuk papasan 2 mobil berlawanan arah. sayangnya ngebel dijadikan ajang pacaran yang menjurus ke perbuatan mesum. pemkab harus menertibkan penginapan liar yang banyak ada di sana

  7. aR_eRos

    dibawah pisang itu buah apa ya, apel kah hehehehe?

    aR_eRos postingan terakhir.. Kecelakaan

  8. denologis

    hem,,,,
    pesona telaga ngebel itu biasasaja…. :mrgreen:

    “tempat yang asyik untuk kencan, lebih asyik daripada sarangan”, kata azaxs.
    “di sarangan kalo mau mojok juga ada, di hotel kelas melati”, sahut nursam.
    “bah ngebel bah sarangan, yang penting aku juga udah pernah kencan di karangkates”, kataku [dalam hati] wekz!

    btw, aku hari ini sangat bangga dengan telaga ngebel dan ponorogo.

    denologis postingan terakhir.. Menatap Ponorogo di Masa Depan

  9. denologis

    untuk komentar di atas, nama tokoh dan tempat adalah fiktif belaka. apabila ada kesamaan, harap maklum sahaja. :mrgreen:

    denologis postingan terakhir.. Menatap Ponorogo di Masa Depan

  10. denologis

    untuk komentar di atas, nama tokoh dan tempat adalah fiktif belaka. apabila ada kesamaan, harap maklum sahaja. :mrgreen:

    denologis postingan terakhir.. Ponorograf dalam Berbagai Kritik

  11. jebrak

    berapa tahun lagikah aku bisa menghirup sejuknya udara ngebel yang menentramkan hatikuh yang di landa gelisah :cry:

    *mumet kakean utang rung iso mbayar: :razz:

    jebrak postingan terakhir.. Ponorogoku Yang Kaya Dan Melimpah

  12. arifudin

    Yup salah satu kekayaan alam Poorogo satu ini kudu diOptimalkan.

    arifudin postingan terakhir.. Antara buku dan pulsa

  13. gajah_pesing

    mangstaffff…

    gajah_pesing postingan terakhir.. Dialog Gatheringan IT 2008

  14. Wongbagoes

    Ayo menyang Ngebel cah…

    nggolek duren plus makan nila bakar…. maknyus….

    Wongbagoes postingan terakhir.. Reyog Ponorogo Memukau Ribuan Mahasiswa IPB

  15. alief

    ayo….., sopo sing gelem ngajak aku nang ngebel?????????

    alief postingan terakhir.. Lagi, Lomba nge-Blog 2008

  16. ardhietechno

    terakhir kesana kerumah temen, minum kopi makan coklat, trus jalan2 pinggir telaga, mampir nyicipi gurameh asam manisnya + sogem wuaregg uenakk

    ardhietechno postingan terakhir.. Human Error Bisa Berakibat Fatal

  17. Berenang Asyik di Tirto Menggolo | Kotareyog.com

    […] selain memiliki obyek wisata alami Telaga Ngebel, Air Terjun Pletuk, Taman Wisata Ngembag, dan lain-lain, ternyata juga memiliki obyek wisata kolam […]

  18. Pujanganong

    Radar Madiun status * apaan ya artinya?

    Pujanganong postingan terakhir.. Antara Kelahiran dan Kematian

  19. Wongbagoes

    Sdh dijawab di shoutbox… :mrgreen:

    Wongbagoes postingan terakhir.. Politik Kampus Kembali Memanas

  20. naya himawan

    jadi penasaran pengen holiday kesana, pasalnya aku blm pernah kesana sebelumnya.
    ada yang bilang ponorogo itu panas hawanya tapi kalau udach denger kata durian mau panas apa dingin ayo ajjja.

  21. Ponorogo Hijau, Belajar, en Sehat « Sustainable success

    […] ini kita berkutat seputar Telaga Ngebel, dengan segala keindahan alamnya, Kesenian Reyog, yang sudah mentradisi, dan Grebek Suro yang sudah […]

  22. witsong

    ngebel itu harusnya bisa lebih terkenal dari sarangan

    witsong postingan terakhir.. Ayo Mainkan Game " Bush Dilempar Sepatu"

  23. kikyo

    kok gak ada yang nulis soal ngembak sih?
    aku butuh buat skripsi

  24. Azjuzt

    NGembak,,,,

  25. arifudin

    kiko : la ni http://www.kotareyog.com/ngembak-tempat-favorit-keluarga/

    arifudin postingan terakhir.. Terima kasih ibu

  26. andy

    wuh…
    top abiz…
    the enchanting lake…
    frez banget….

  27. rosi

    kemarin ke rumah dinpar, trus mr.W ngomong2 masalah tiket, eh malah langsung ditelpon yang beri tiket yang ga’ beres oleh pak bagian objek pariwisata, emm dirumahnya akyu diramal juga he.. :mrgreen:, pulang beli bebek goleng :mrgreen: emm… enyak….enyak….. :)

    rosi postingan terakhir.. sUrVeY “ORTEGA”2008

  28. 7iTO

    ketok’e mantep ki… ada penginapan’ne gak bos..??

  29. Wongbagoes

    Hmm… Disana sudah ada penginapan baik yg disediakan oleh Pemkab maupun swasta…

    Selamat berkunjung!!!

    Wongbagoes postingan terakhir.. Menatap Tahun 2009

  30. ary

    ngebel…berapa kali ya kesana..jadi lupa saking sering e pas jaman sma dulu maen ke sana..terakhir pas sama mantan 3 taon lalu..:D

  31. Hanna

    Ngebel tempat kenanganku juga, oi..

  32. nathan

    belah duren di ngebel????? hemm,enaxs juga.
    maksudnya makan duren khas ngebel gityu……..

    nathan postingan terakhir.. Alamat Blog Yang Ikut Lomba Nge-BLOG 2008

  33. Yonathan26’s Blog

    […] 23 01 2009 Pesona Telaga Ngebel […]

  34. 2t

    my sweet home………

  35. sastroglendem

    kangen ngebeeeeeeeeeeeee :((
    mancing, bakar ikan, makan di warung, ngopi, ngrokok :D enakkkk tenaannnnnnn….
    byohhh jadi kangen tanah leluhur….
    .-= sastroglendem´s last blog ..Indonesia Juara Kontes Robot Internasional ! =-.

  36. ririsnovie

    seumur hidup belum pernah ke telaga ngebel….parah bin nemen bgt aku iki….
    .-= ririsnovie´s last blog ..Kebanjiran =-.

    • Lyza

      Wham bam thank you, ma?am, my questions are ansrweed!

  37. SLAMET

    Saya sangat kagum dengan keindahan telaga ngebel, karena keindahannya saya sering berkunjung ke sana, dan apabila ada di antara rekan yg ingin mempunyai penghasilan tambahan minimal 300rb per hari bisa hubungi 085735370349 bpk slamet, salam sukses selalu
    .-= SLAMET´s last blog ..KEUNTUNGAN BESAR RESIKO SANGAT TERBATAS =-.

  38. Loenpia dot net | Komunitas Blogger Semarang » Blog Archive » Jejak Loenpia di Ponorogo

    […] harinya baru kita bisa menikmati Telaga Ngebel. Sebuah telaga yang dikelilingi pepohonan besar yang katanya berada dikaki gunung Wilis. Pagi hari […]

  39. escoret

    aku juga posting bosss

    http://escoret.net/blog/?p=1236
    .-= escoret´s last blog ..Ponorogo,blogger dan reog ..!!! =-.

  40. jidat

    mantap

  41. Menengok situs plat merah Ponorogo : Kotareyog.Com

    […] tampak elegan dan simple, ditambah dengan headernya yang mengguanak flash dengan gambar background telaga ngebel dan Reyog dan klono suwandono. pada bagian sidebar samping kiri, nampak ada fasilitas transalte […]

  42. sang pemimpi – memory and request

    […] album kenangan. nahh.. kemarend aku ada pemotretan buad album kenangan. awalnya sihh.. pengen ke telaga ngebel. disana pemandangannya indah ! apalagi sekarang udah di lengkapi dengan arena bermain seperti […]

  43. rudi (e x c e l)

    emang bnyak knangan wakt q brkunjung ksana
    smpe2 q lp wakt untk plang…………….

  44. Telaga Ngebel Ponorogo Kini. . . | Kotareyog.Com

    […] Ditambah dengan uap air yang menyegarkan suasana, orang akan betah berlama-lama di sini. Menuju Telaga Ngebel tidak sulit. Kendaraan umum siap mengantar dari Terminal Ponorogo atau Sub Terminal Jenangan, […]

  45. killanury

    wah aku jg lama jg g ke ngebel krna aq lg tugas di kaltim ngebel kota cinta aku ada kenangan untuk ngebel mudah2han bsa maju

  46. dwi aprian

    kehancuran dan pencemaran telaga ngebel tinggal menunggu waktu……..
    2 – 4 tahun kedepan telaga ngebel akan menyisakan seonggok ganggang yang tumbuh subur dan menyulap kejernihan airnya menjadi keruh dan kotor…
    tolong dong pemerintah ponorogo, jangan mau pendapatannya saja……
    coba lihat dan perhatikan, tangkap penyebar ganggang, kalo pengin ngebel asri dan indah lagi

  47. dwi aprian

    kehancuran dan pencemaran telaga ngebel tinggal menunggu waktu……..
    2 – 4 tahun kedepan telaga ngebel akan menyisakan seonggok ganggang yang tumbuh subur dan menyulap kejernihan airnya menjadi keruh dan kotor…
    tolong dong pemerintah ponorogo, jangan mau pendapatannya saja……
    coba lihat dan perhatikan, tangkap penyebar ganggang, kalo pengin ngebel asri dan indah lagi

  48. danang

    peng ke ngbeludh kngn sma duren.na nie

  49. Mizon3

    sayang pemerintah menutup mata bukannya fasilitas telaga dan jalan yang di benah iii tap1 m2lah marak penginapan dan di jadikan tempat mesum para remaja2x, ABG bangsat perusak moralitas harga diri wisata unggulan kabupatennya …… sendiri …… !!!! sungguh kejam nafsu liar syawat yg tak tertuju pada tempt dan hak nya d mnkah !!!! engkau wahai kebaikkan

  50. Andrey

    Gan,ijin copas…

  51. ekranoplane

    thanks 4 info brother. besok ane kesana akh.

7 Pings/Trackbacks for "Pesona Telaga Ngebel itu…"
  1. […] selain memiliki obyek wisata alami Telaga Ngebel, Air Terjun Pletuk, Taman Wisata Ngembag, dan lain-lain, ternyata juga memiliki obyek wisata kolam […]

  2. […] ini kita berkutat seputar Telaga Ngebel, dengan segala keindahan alamnya, Kesenian Reyog, yang sudah mentradisi, dan Grebek Suro yang sudah […]

  3. […] 23 01 2009 Pesona Telaga Ngebel […]

  4. […] harinya baru kita bisa menikmati Telaga Ngebel. Sebuah telaga yang dikelilingi pepohonan besar yang katanya berada dikaki gunung Wilis. Pagi hari […]

  5. […] tampak elegan dan simple, ditambah dengan headernya yang mengguanak flash dengan gambar background telaga ngebel dan Reyog dan klono suwandono. pada bagian sidebar samping kiri, nampak ada fasilitas transalte […]

  6. […] album kenangan. nahh.. kemarend aku ada pemotretan buad album kenangan. awalnya sihh.. pengen ke telaga ngebel. disana pemandangannya indah ! apalagi sekarang udah di lengkapi dengan arena bermain seperti […]

  7. […] Ditambah dengan uap air yang menyegarkan suasana, orang akan betah berlama-lama di sini. Menuju Telaga Ngebel tidak sulit. Kendaraan umum siap mengantar dari Terminal Ponorogo atau Sub Terminal Jenangan, […]

Tinggalkan sebuah komentar