Melirik Malaysia rasa Ponorogo

Konflik antara negara republik dan kerajaan sudah usai, meskipun negeri jiran selalu mencipta ulah memancing geram masyarakat indonesia.

namun bagaimana pun juga, haruslah kita akui tentang adanya komunitas jawa panaragan di malaysia. menurut pengakuan data dari media malaysia, mereka hijrah pada tahun 1920an, sedangkan versi kerajaan pada tahun 1800an. mana yang benar?

nenek moyang jawa panaragan malaysia mewariskan persembahan tarian barongan, memang lazimnya pada kala penjajahan belanda, reyog lebih dikenal dengan nama barongan diambil dari tokoh singo barong. meragukan?

masyarakat jawa panaragan lebih lincah daripada jawa-jawa lain dalam pengembangan kesenian. seperti wayang kulit, barongan, kuda kepang, pencak silat mahupun kompang. setelah di teliti, daerah indonesia, kesenian dengan rebana yang menggunakan nama kompang hanyalah ponorogo, mungkin yang tahu hanyalah orang-orang yang terlahir di era awal kepimpinan bapak soeharto. seni kompang sendiri masih terus di lestarikan oleh keturunan jawa panaragan di malaysia .

meskipun selama ini barongan atau reyok lazimnya selalu mempersembahkan alur cerita reyok seri pemberontakan Demang Surya Alam lengkap dengan persembahan Obyok, dimana tiga tokoh seperti kuda kepang, bujang ganong, dan barongan saat berperang dimenangkan oleh kubu ganongan dengan pusaka pecut sadlan. sedangakn seri bantarangin baru ada semenjak pertikaian indonesia-malaysia.

namun terdapat kejanggalan pada persembahan barongan, seperti

– tidak ada tokoh mahupun catatan warok dan amalan gemblak.

– seniman barongan dan kerajaan malaysia tidak pernah tahu bahwa barongan mengandung unsur islami yang di cipta oleh ulama sekaligus bupati pertama di ponorogo. dan selalu berpandangan merupakan persembahan warisan hindu, maka dari itu kerajaan malaysia mencipta alur cerita seri nabi sulaiman.

-penari jathil perempuan berjilbab

, kalaupun sudah lama betul, harusnya diperankan seorang remaja putra.

klub barongan malaysia
klub barongan malaysia

sedangkan pada muzik, lazimnya pada pakem reyok meski tanpa selompret. namun, ada yang membuktikan bahwa reyok di? lestarikan oleh TKI paska Indonesia meluncurkan ensiklopedia nasional indonesia pada tahun 1990an.

Angklung di malaysia sendiri pun juga berasalkan daripada perangkat muzik gamelan reyok. lalu seniman barongan diberilah pelatihan membuat angklung bernada, namun hasilnya tak sesuai hasil yang cemerlang, seniman barongan ini mengimpor bibit bambu madiun inilah awal dari jaya angklung malaysia yang bernada cemerlang, dimana selalu di pesan oleh sekolah elite china malaysia.

peninggalan jawa panaragan di malaysia:

1. Barongan atau Reyok 2. Kuda kepang 3. Pencak Silat 4. Kompang 5. wayang kulit 6. Angklung. bahkan jawa panaragan mengamalkan nama khas ponorogo pada perkumpulan klub budayanya seperti: singa barong, putra menggala. menteri malaysia juga ada yang keturunan jawa panaraga pula.

6 Replies to “Melirik Malaysia rasa Ponorogo”

  1. ada teman yang studi di Universiti Malaya, baru saja selesai nulis tesis tentang sejarah hubungan ponorogo dan malaysia. semoga beliau segera pulang, agar bisa berbagi banyak ceritanya. 🙂

  2. inilah hasil dari sebuah klaim kebenaran. ketika semua du angga benar menurut subyektif masing2 maka yang terjadi adalah perseteruan maka solusi yang kongrit kembalikan semua kepada sumber yang valid.

  3. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *